Bumi Manusia adalah Website School & Arts Management

Atau dengan kata lain, adalah website direktori manajement seni pertunjukan dipersekolahan yang fokus pada kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan korikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan bekerjasama dengan tim ekstrakurikuler Bumi Manusia.

Yang bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola dalam menyelenggarakannya. Pada dasarnya Satuan Pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud.


Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Wadah Pengembangan Potensi Peserta Didik

Dampak positifnya adalah penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Sedangkan alokasi kegiatan ekstra kurikuler mempunyai bobot 2 jam pelajaran seminggu. Bumi Manusia hadir untuk membantu Sekolah agar dapat membuat jadwal dan mengatur setiap kegiatan ekstra kurikuler berjalan sesuai standar minimal dan tidak saling berbenturan.

Bumi Manusia bersama-sama Sekolah menyiasati agar kegiatan ekstra kurikuler tetap berjalan walaupun adanya pembatasan kegiatan tatap muka di sekolah, kegiatan ekstra kurikuler tetap berjalan di tengah pelaksanaan PJJ.

Prinsip Kerja Bumi Manusia

Partisipasi Aktif, Yaitu sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik.
Sosial, Yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter.
Rekreatif, Yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik.
Persiapan Karir, Yaitu sebagai wahana memfasilitasi persiapan peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat dalam bidang ekstrakurikuler yang diminati.


Sifat Kegiatan Bumi Manusia

Individual, yakni dikembangkan sesuai dengan potensi/bakat peserta didik masing-masing.
Pilihan, yakni dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh peserta didik secara sukarela.
Memotivasi, yakni membangun semangat peserta didik untuk mengembangkan potensi/bakat melalui kegiatan yang diminati.
Kemanfaatan sosial, yakni dikembangkan dan dilaksanakan dengan tidak melupakan kepentingan masyarakat.


Bumi Manusia berkesinambungan melakukan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang telah diprogramkan dengan menyediakan kegiatan yang bersifat kompetitif – prestatif

Bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Bumi Manusia.Kegiatan kompetitif – prestatif yang Bumi Manusia lakukan adalah dengan menyalurkan minat dan bakat, menyelenggarakan perlombaan/kompetisi keterampilan ekstrakurikuler di tingkat wilayah, memgikutsertakan peserta didik yang dibina melalui ekstrakurikuler dalam kegiatan festival lomba, atau kegiatan kompetitif-prestatif lainnya.

Karena dengan kegiatan kompetitif-prestatif dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler di satuan pendidikan secara utuh. Dengan melihat prestasi peserta didik dalam sebuah kompetisi, maka kita dapat melakukan evaluasi terhadap program ekstrakurikuler serta mengembangkannya menjadi lebih baik pada masa berikutnya. Di sisi lain, melalui kegiatan kompetitif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap hasil usaha latihannya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.


Our Team

Ebi Wijaya Latumeten

CEO-FOUNDER

Memulai bisnis, event management lalu fokus menjadi promotor seni pertunjukan sekaligus menjadi sutradara seni teater and film. Kenapa saya memilih menjadi management art. Banyak sekali seniman, aktor/aktris, musisi muda bahkan kesenian tradisi tapi tidak ada management/memasarkan karya mereka.
Lalu mendirikan sekolah akting teater and film bernama anak semua bangsa acting school

Rio Razab Isdendi

CO-FOUNDER

Sejak tahun 2014 sampai sekarang menjadi Tenaga Pendidikan Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesi Sukabumi